Pemeriksaan Mata Rutin Pada Anak Sangat Penting, Orang Tua Wajib Tahu Ini

Pemeriksaan Mata Rutin Pada Anak Sangat Penting, Orang Tua Wajib Tahu Ini
Ilustrasi pemeriksaan mata. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Melakukan pemeriksaan mata secara rutin adalah salah satu hal terbaik yang Anda bisa lakukan bersama anak dan keluarga.

Penglihatan yang buruk akan menurunkan kualitas kehidupan terutama pada anak-anak.

Salah satu penelitan medis yang dilakukan di University of California, Los Angeles menyatakan bahwa 80% aktivitas dan prestasi belajar anak-anak di sekolah diterima melalui mata.

Sebanyak 20 persen anak sekolah memiliki gangguan penglihatan yang bisa dideteksi dengan melakukan pemeriksaan mata secara komprehensif.

“Banyak orang tua khususnya di Indonesia yang baru menyadari bahwa kesehatan mata anak itu penting ketika anaknya terlanjur memiliki gangguan penglihatan. Anak-anaknya jadi sulit belajar dan aktivitasnya menjadi terbatas akibat penglihatan yang buruk. Pemeriksaan mata harus dilakukan sejak dini terutama saat anak-anak menginjak usia sekolah, karena inilah golden period mereka dimana bisa membantu tumbuh kembang anak,” kata Andri Agus Syah, dokter Optometri dan Terapi Ortho K Specialist di VIO Optical Clinic, Selasa (10/1). 

Pemeriksaan mata penting dilakukan agar bisa menjaga kesehatan mata anak tetap sehat dan terkontrol.

Dengan melakukan pemeriksaan mata, kita sebagai orang tua telah melakukan tindakan preventif dan penanganan dini sebelum terjadi gangguan penglihatan yang memburuk di kemudian hari.

Terkadang ada beberapa kondisi mata yang bisa saja terjadi dan berdampak tidak baik pada mata tanpa kita sadari sebelumnya. Dan gejala dari kondisi tersebut baru muncul saat kondisinya sudah parah.

Penelitan yang dilakukan di University of California, Los Angeles menyatakan bahwa 80% aktivitas dan prestasi belajar anak-anak di sekolah diterima melalui mata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News