Pemerintah Akan Bentuk Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Promosi Ekspor

Pemerintah Akan Bentuk Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Promosi Ekspor
Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana membentuk dua badan baru yang bergerak di sektor perindustrian dan perdangangan. Dua badan tersebut adalah Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Promosi Ekspor.

"Ini secepatnya dibentuk. Sekarang dipersiapkan perangkatnya dulu," kata Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago di Jakarta, Selasa (28/10).

Badan Ekonomi Kreatif dimaksudkan untuk menggantikan fungsi Ditjen Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sekarang sudah dihapus. Perbedaanya, badan ini tidak memiliki wewenang untuk membuat kebijakan.

"Jadi dia lebih sebagai eksekutor, melaksanakan, bukan membuat kebijakan. Dia mendorong, mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif," papar Andrinof.

Sementara Badan Promosi Ekspor, lanjut Andrinof, berfungsi untuk mengintegrasikan aktivitas promosi produk dan jasa ke luar negeri. Badan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

"Untuk anggaran (kedua badan) nanti akan masuk di RAPBN 2015. Sekarang kita masih persiapkan desain dan perangkat," pungkas pria asal Sumatera Barat ini. (dil/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana membentuk dua badan baru yang bergerak di sektor perindustrian dan perdangangan. Dua badan tersebut adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News