Pemerintah Australia Respon Kritik Terkait Papua

Pemerintah Australia Respon Kritik Terkait Papua
Pemerintah Australia Respon Kritik Terkait Papua
JAKARTA – Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan bahwa pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar-nya di Jakarta,  memberi respon atas kritik yang disampaikan parlemen Indonesia.

Hal itu menyusul manuver dari Anggota Parlemen Australia dari Partai Hijau, Richard terkait  rencana berkumpulnya beberapa aktivis dan sejumlah anggota parlemen Australia dan sekitar Pasifik (Papua Nugini, Selandia Baru, Vanuatu dan lainnya ) pada pekan depan di Australia. Richard, yang tergabung dalam kaukus tersebut mengatakan, bahwa bangsa Papua harus diberi kesempatan menentukan pilihannya sebagai bangsa.

“Jadi, setelah ada reaksi dari Komisi I yang mengktritisi manuver Richard, kita sudah mendapat respon dari Dubes Australia di Jakarta yang pada prinsipnya menegaskan bahwa, posisi politik Australia terhadap Papua itu tidak berubah,” kata Mahfud Siddiq, Kamis (1/3) di Jakarta.

Mahfud juga menambahkan, Australia mengacu kepada Kesepakatan Lombok yang menghormati kedaulatan NKRI. Australia menganggap persoalan Papua Barat dan Papua itu sebagai persoalan dalam negeri Indonesia. “Dan mereka tidak intervensi,” kata dia.

JAKARTA – Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan bahwa pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar-nya di Jakarta,  memberi respon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News