Pemerintah Belanda Jamin Imunitas SBY

Pemerintah Belanda Jamin Imunitas SBY
Pemerintah Belanda Jamin Imunitas SBY
JAKARTA - Pemerintah Belanda menjamin imunitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam lawatan kenegaraan 5-9 Oktober mendatang. Jaminan itu disampaikan untuk mementahkan ancaman John Wattilete kepada SBY.

Pria itu menyebut dirinya sebagai Presiden Republik Maluku Selatan (RMS) dan meminta pemerintah Belanda menahan SBY saat berada di wilayah yuridiksi mereka. "Pemerintah Belanda menegaskan kepada Pemerintah Indonesia melalui KBRI di Den Haag bahwa mereka tidak mengakui RMS. Saya kira itu sudah cukup menjelaskan," ujar juru bicara presiden bidang hubungan internasional Teuku Faizasyah ketika dihubungi wartawan di Jakarta Minggu (3/10).

      

Sebelumnya sejumlah media asing melaporkan bahwa Kelompok RMS telah menyusun permintaan khusus kepada pemerintah Belanda agar Presiden SBY ditahan dalam kunjungan kenegaraan ke Belanda, 5-9 Oktober mendatang. Tuntutan itu disampaikan melalui pengadilan dengan prosedur hukum.

Pria yang ada di balik permintaan itu mengaku sebagai Presiden RMS John Wattilete adalah seorang advokat. Pernyataan Wattilete itu juga disebarluaskan melalui teleteks di televisi publik NOS, Sabtu (2/10) silam.  "Wattilete menginginkan agar Presiden RI menjelaskan di mana mantan Presiden RMS Soumokil dimakamkan," ujar Faiza.

JAKARTA - Pemerintah Belanda menjamin imunitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam lawatan kenegaraan 5-9 Oktober mendatang. Jaminan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News