Pemerintah Cermati Gejolak Ekonomi Eropa

Pemerintah Cermati Gejolak Ekonomi Eropa
Pemerintah Cermati Gejolak Ekonomi Eropa
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengaku akan terus mewaspadai gejolak pasar global khususnya Eropa yang akan mempengaruhi ekonomi Indonesia. Hal ini mengacu kepada laporan Global Financial Report Dana Keuangan Internasional (IMF) yang menyampaikan kekhawatiran akan adanya aksi penjualan aset yang bisa memicu krisis keuangan global kedua.

"Di Eropa memang sudah ada tanda-tanda adanya restrukturisasi utang publiknya beberapa negara di sana, tapi dilain pihak implikasi dan konsekuensi lembaga keuangan masih terus akan terjadi ini yang menjadi fokus dari perhatian IMF," ujar Mahendra di Jakarta, Kamis. (19/4).

Namun, tambahnya, sampai saat ini kondisi tersebut belum sampai tingkat yang mengkawatirkan dan belum akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Tetapi pemerintah sangat konsern dengan kondisi tersebut.  "Tapi memang mulai terlihat project financing terpengaruh oleh konsolidasi banking eropa," tambahnya.

Apalagi, lanjutnya, lembaga-lembaga  keuangan di Eropa khususnya di sektor perbankan memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia.

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengaku akan terus mewaspadai gejolak pasar global khususnya Eropa yang akan mempengaruhi ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News