Pemerintah dan DPR Jangan Redam Kritikan Masyarakat

Pemerintah dan DPR Jangan Redam Kritikan Masyarakat
Anggota Fraksi PAN DPR RI Intan Fauzi mengingatkan pemerintah dan DPR untuk tidak meredam kritikan dari masyarakat.(dokumentasi intan fauzi)

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi PAN DPR RI Intan Fauzi mengingatkan pemerintah dan DPR untuk tidak meredam kritikan yang datang dari masyarakat.

Menurutnya kritik merupakan bagian dari demokrasi.

Karena itu kritikan yang disampaikan elemen masyarakat sipil kepada DPR RI dan pemerintah harus dianggap sebagai masukan yang konstruktif untuk perbaikan lembaga.

"Kita tidak bisa meredam kritik, karena kritik diperlukan dan merupakan bagian terpenting dari demokrasi."

"Proses anggota DPR bisa jadi wakil rakyat dimulai dari aktivitas di masyarakat dan kegiatan berpartai yang bermanfaat sehingga terbangun kepercayaan," ujar Intan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/8).

Intan menyampaikan pandangannya saat menjadi pembicara dalam diskusi 'Refleksi 20 Tahun Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi): Jalan Panjang Mendorong Perubahan DPR' yang berlangsung secara virtual, Senin.

Menurutnya, dalam sebuah negara demokrasi memungkinkan masyarakat memberikan aspirasi dalam urusan kenegaraan atau public affairs.

Karena itu, diperlukan keterlibatan masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik.

Anggota DPR Intan Fauzi mengingatkan pemerintah dan DPR untuk tidak meredam kritikan, karena bagian dari demokrasi.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News