Pemerintah Genjot Investasi Sektor Kesehatan

Pemerintah Genjot Investasi Sektor Kesehatan
Menko Perekonomian Darmin Nasution. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Investasi diperlukan untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi di atas 5,1 persen.

Tahun ini, pemerintah mengklaim kondisi fiskal lebih prudent, terutama untuk pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

Selain infrastruktur, pemerintah berharap investasi diarahkan ke sektor-sektor lain. Apalagi, pemerintah telah membuka investasi asing seratus persen di bidang pariwisata, film, farmasi, marketplace, dan e-commerce.

’’Ini meningkatkan ease of doing business ke ranking ke-91 atau naik 15 peringkat dari tahun sebelumnya,’’ kata Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam Mandiri Investment Forum, Rabu (8/2).

Selain pariwisata, pemerintah berupaya menggenjot investasi di sektor kesehatan. Sebab, kontribusi sektor kesehatan terhadap produk domestik bruto (PDB) hanya 2,8 persen.

Di Asia Tenggara, sektor kesehatan menyumbang rata-rata 4,6 persen dari PDB. Jika sektor kesehatan tumbuh, industri seperti farmasi, properti, dan asuransi ikut mengalami pertumbuhan.

Untuk memberikan karpet merah pada investasi, pemerintah telah membentuk Satgas Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi yang bertugas mengevaluasi pelaksanaan paket-paket kebijakan ekonomi.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,02 persen pada 2016 cukup baik untuk kategori negara pengekspor komoditas.

Investasi diperlukan untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi di atas 5,1 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News