Pemerintah Harus Fasilitasi Demonstrasi Warga Kendeng

Pemerintah Harus Fasilitasi Demonstrasi Warga Kendeng
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati bersimpati atas aksi warga Kendeng, khususnya kaum ibu, yang memprotes pembangunan pabrik semen di Rembang Jawa Tengah.

Sekretaris dewan pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berbelasungkawa atas meninggalnya Ibu Patmi, peserta aksi semen kaki di depan Istana Negara, Jakarta.

"Saya juga menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Ibu Patmi salah satu peserta aksi tersebut, semoga almarhumah husnul khatimah," kata Okky, Rabu (22/3).

Menurut Okky, aksi yang dilakukan ini memberi pesan penting bahwa perempuan sangat peduli dengan persoalan sosial kemasyarakatan di sekitarnya.

"Aksi tersebut memberi pesan lainnya, perempuan tak lagi disederhanakan hanya dengan urusan dapur, kasur dan sumur," ujar Okky.

Terkait keberadaan demonstran khususnya dari kalangan ibu-ibu, Okky mendorong kepada pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan pemantauan secara berkelanjutan terhadap kesehatan mereka.

Kemenkes harus melakukan koordinasi dengan tim medis yang telah disiapkan oleh pihak demonstran. "Pemantauan kesehatan oleh kementerian kesehatan ini penting dilakukan untuk memastikan kesehatan mereka," kata Okky.

Dia juga meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk memastikan terhadap keperluan domestik perempuan peserta demonstrasi.

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati bersimpati atas aksi warga Kendeng, khususnya kaum ibu, yang memprotes pembangunan pabrik semen di Rembang Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News