Pemerintah Harus Kerja Keras Sukseskan Sail Sabang

Pemerintah Harus Kerja Keras Sukseskan Sail Sabang
Komisi X DPR melakukan kunjungan kerja untuk meninjau sejumlah lokasi Sail Sabang di Sabang, Aceh, baru-baru ini. Foto: Humas DPR

jpnn.com, SABANG - Sail Sabang 2017 akan diselenggarakan kurang dari 4 bulan lagi. Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Aceh, hingga Pemerintah Kota Sabang diminta untuk bekerja keras menyukseskan event internasional pada 28 November hingga 5 Desember mendatang.

“Pemprov dan Pemkot harus bekerja ekstra keras atas kekurangan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan, karena tidak bisa semua mengharapkan dari pemerintah pusat,” kata Anggota Komisi X DPR RI Yayuk Basuki usai meninjau sejumlah lokasi Sail Sabang, di Sabang, Aceh, baru-baru ini.
 
Menurut politikus PAN itu, ada sejumlah catatan darinya yang harus segera dipersiapkan oleh pemerintah. Terutama terkait masih sangat kurangnya fasilitas penginapan atau hotel.

“Penggunaan homestay milik masyarakat bisa diperbantukan, tapi harus mendapat pengawasan oleh Kementerian Pariwisata maupun Pemprov Aceh. Jangan sampai muncul masalah-masalah sosial,” imbuhnya.
 
Kemudian, lanjut Yayuk, kendala cuaca juga harus diantisipasi. Mengingat acara ini digelar saat musim penghujan. “Itu sempat menjadi kekhawatiran. Jadi memang harus di antisipasi lebih awal, agar tidak menganggu jalannya event,” katanya.
 
Politisi asal dapil Jawa Tengah itu juga berpesan, agar Sail Sabang 2017 ini menjadi momentum untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Aceh.
 
“Hal itu sekaligus membangkitkan lagi pariwisata Aceh yang sempat terkendala banyak hal. Yang paling berat bencana tsunami pada 2004 lalu, yang sampai sekarang masih tampak trauma. Dengan adanya Museum Tsunami juga bisa mengangkat pariwisata Aceh,” tutup politisi yang juga mantan petenis itu.
 
Sementara itu sebelumnya, Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Sabang Kamaruddin, memaparkan beberapa kondisi kesiapan dan kebutuhan yang dibutuhkan untuk menyukseskan Sail Sabang.
 
Kamaruddin memaparkan, hal-hal yang masih menjadi permasalahan adalah kondisi cuaca yang dikhawatirkan berpengaruh pada tranportasi, masih kurangnya penginapan di Sabang, hingga permasalahan delay di Bandar Maimun Saleh.(adv/jpnn)


Sail Sabang 2017 akan diselenggarakan kurang dari 4 bulan lagi. Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Aceh, hingga Pemerintah Kota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News