Pemerintah Harus Mewaspadai Kenaikan Harga Sembako Menjelang Idulfitri 2023

Pemerintah Harus Mewaspadai Kenaikan Harga Sembako Menjelang Idulfitri 2023
Pengamat Ekonomi dan Energi Terbarukan Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Ir. Djonli Tangkilisan, ST, MT. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idulfitri atau Lebaran April 2023, masyarakat perlu mewaspadai naiknya harga sembako dan komoditas seperti daging sapi, daging ayam, telur ayam ras, tarif angkutan darat dan udara dan yang lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan berbagai antisipasi supaya bisa menekan seminim mungkin kenaikan harga yang ujungnya membuat sulit masyarakat.

Hal itu dikatakan Pengamat Ekonomi dan Energi Terbarukan Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Ir. Djonli Tangkilisan, ST, MT kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/4/23).

Menurut Djonli, kenaikan harga berbagai komoditas menjelang Lebaran, biasanya dipahami sebagai tradisi tahunan.

Sebaiknya, kata dia, pemerintah sudah sejak dini melakukan berbagai ikhtiar pengendalian harga.

“Ikhtiar pengendalian harga jangan ujug-ujug dilakukan. Harus ada proses lebih dini dan bersifat antisipatif sehingga stabilitas harga-harga on the track dan dapat dikendalikan dengan baik," kata Djonli yang pada Pemilu 2024 akan maju sebagai Caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil DKI Jakarta 3 (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu).

Pemerintah, kata Djonli, harus memiliki perhatian khusus kepada masyarakat menengah ke bawah, khususnya dalam menghadapi Lebaran.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan dan mendorong pemerintah untuk melakukan terobosan kebijakan program pengendalian harga dan meminimalisir inflasi menjelang Lebaran. Masyarakat kecil dan menengah harus menjadi prioritas dalam kebijakan pemerintah sehingga masyarakat kecil dan menengah dapat menghadapi Lebaran dengan baik," ujar Djonli.

Pemerintah harus melakukan berbagai antisipasi supaya bisa menekan seminim mungkin kenaikan harga sembako yang ujungnya membuat sulit masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News