Pemerintah Jerman Biayai Operasi Ganti Kelamin

Umur 16 Tahun, Nama Tim Kini Jadi Kim

Pemerintah Jerman Biayai Operasi Ganti Kelamin
Kim Petras Foto: Euro Pics
BERLIN - Kim Petras baru menemukan jati dirinya setelah menginjak usia 16 tahun. Ini setelah dia menjalani operasi ganti kelamin, yang seharusnya dia jalani saat balita. Pemerintah Jerman yang ikut membiayai operasi tersebut mengklaim Kim sebagai individu termuda di dunia yang ganti kelamin.

Operasi bulan lalu itu sukses membebaskan Kim yang terjebak dalam tubuh Tim Petras. Sebelum menjalani operasi kompleks tersebut, Kim melakukan serangkaian tes psikologi. Pemerintah melalui sistem jaminan kesehatannya baru mengizinkan operasi setelah psikolog mengonfirmasikan kondisi Kim.

"Tidak diragukan lagi dia adalah perempuan yang terperangkap dalam tubuh laki-laki," tandas dr Bernd Meyenburg dari University of Frankfurt Hospital seperti dikutip The Sun Rabu (4/2). Kecenderungan menjadi perempuan itu juga disadari keluarga Kim. Mereka juga mengajak Kim berkonsultasi dengan beberapa ahli jiwa. Sejak usia 12 tahun, Kim pun rutin menjalani terapi hormon.

Pascaoperasi yang menyedot perhatian media nasional dan internasional tersebut, Kim mengaku sangat bahagia. "Saya ditanya apakah sekarang sudah merasa menjadi perempuan. Jujur, dari dulu, saya selalu merasa sebagai perempuan. Tapi, secara fisik tidak demikian," ujar gadis yang berambisi menjadi penyanyi pop Jerman tersebut.

BERLIN - Kim Petras baru menemukan jati dirinya setelah menginjak usia 16 tahun. Ini setelah dia menjalani operasi ganti kelamin, yang seharusnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News