Pemerintah Klaim Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Pemerintah Klaim Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Presiden Joko Widodo. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah meluncurkan paket kebijakan ekonomi sebagai solusi terhadap persoalan ekonomi dunia yang berdampak pada ekonomi Indonesia saat ini.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri pada Kementerian Kemenperin, Imam Haryono mengklaim paket kebijakan ekonomi tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

Kebijakan tersebut juga dinilai dapat mendorong pengembangan kawasan industri yang atraktif bagi masuknya investasi melalui Peraturan Pemerintah tentang Sarana Penunjang Pengembangan Industri (Kawasan Industri) yang nyaman, aman, dan efisien. Hal ini perlu dengan penyediaan kawasan pengembangan investasi yang terintegrasi.

Menurutnya, paket kebijakan ekonomi ini berdampak pada pengembangan kawasan industri akan lebih menyebar, tidak hanya terpusat di Jawa. “Daerah-daerah sumber bahan baku juga makin berkembang karena proses hilirisasi dilakukan di daerah setempat,” kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kemenperin, Imam Haryono dalam keterangan persnya, Jumat (11/9).

Menurut Imaam, keberadaan kawasan industri di luar Pulau Jawa juga menjadi andalan produksi substitusi impor, selain tentu saja mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Selanjutnya, penguatan jalur distribusi dan logistik serta infrastruktur juga menjadi faktor percepatan pembangunan kawasan industri.

Sebanyak 14 kawasan industri dikembangkan Kemenperin yaitu Bintuni (Papua Barat), Buli (Maluku Utara), Bitung (Sulawesi Utara), Palu (Sulawesi Tengah), Morowali (Sulawesi Tengah), Konawe (Sulawesi Tenggara), dan Bantaeng (Sulawesi Selatan).

Untuk wilayah Kalimantan, pengembangan kawasan industri dilakukan di Batulicin (Kalimantan Selatan), Jorong (Kalimantan Selatan), Ketapang (Kalimantan Barat), dan Landak (Kalimantan Barat). Sementara itu, pengembangan kawasan industri di wilayah Sumatera adalah Kuala Tanjung (Sumatera Utara), Sei Mangke (Sumatera Utara), dan Tanggamus (Lampung).‎(esy/jpnn)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah meluncurkan paket kebijakan ekonomi sebagai solusi terhadap persoalan ekonomi dunia yang berdampak pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News