Pemerintah Maksimalkan Dukungan untuk Platform Digital dan UMKM

Pemerintah Maksimalkan Dukungan untuk Platform Digital dan UMKM
Menkominfo Johnny G Plate menyatakan dukungan pemerintah kepada platform digital dan pelaku UMKM. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan pemerintah mendukung pengembangan platform digital dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dukungan itu sudah dilakukan pemerintah dengan pembangunan infrastruktur digital.

"Pemerintah memberikan fasilitasi untuk platform digital yang mendukung UMKM Indonesia," kata Johnny, Selasa (24/5).

Dia menjelaskan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, technology company global, dan platform digital yang ada di Indonesia bisa mendukung bisnis dengan baik.

Untuk itu, pemerintah membangun infrastruktur digital berupa jaringan backbone fiber optic, jaringan middle-mile seperti microwave link, fiber link, dan satelit serta base transceiver station (BTS).

"Apa yang telah saya lakukan sebagai menteri adalah menggelar infrastruktur TIK di seluruh negeri melalui jaringan telekomunikasi serta menyediakan High Throughput Satellite dengan kapasitas 300 gigabit per detik yang akan diluncurkan ke orbit tahun depan untuk mendukung kebutuhan digital Indonesia," tutur Johnny.

Politikus Partai NasDem itu menambahkan pihaknya telah membangun sekitar 500 ribu base transceiver station.

Menurut Johnny, program pembangunan infrastruktur digital sedang berlangsung dan dilakukan secara multiyear karena ketersediaan dana dan kondisi geografis Indonesia yang tersebar ribuan pulau dengan jarak serta waktu tempuh beragam.

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan dukungan pemerintah kepada platform digital dan pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News