Pemerintah Mampu Gaji 400 Ribu CPNS dari Honorer K2

Pemerintah Mampu Gaji 400 Ribu CPNS dari Honorer K2
Seorang honorer K2 menangis saat aksi unjuk rasa menuntut diangkat jadi CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekitar 400 ribu honorer kategori dua (K2) sebenarnya bisa semuanya diangkat menjadi CPNS jika pemerintah serius.

Pasalnya, pemerintah sebenarnya punya sumber dana untuk membayar gaji 400 ribu honorer K2 jika sudah menjadi CPNS.

Anggota Badan Legislasi DPR RI Bambang Riyanto mengungkapkan, bila pemerintah serius akan menyelesaikan masalah honorer K2, tahun ini seluruhnya bisa diangkat. Tidak perlu beralasan dananya kurang.

"Dananya ada kok. Cukup ambil dari cukai rokok, 400 ribu honorer K2 bisa diangkat sekaligus tahun ini," kata Bambang kepada JPNN, Minggu (11/2).

Dari perhitungan Bambang, cukai rokok Rp 150 triliun per tahun. Bila diambil 10 persennya saja untuk mengangkat honorer K2 menjadi CPNS, dana yang terpakai hanya Rp 15 triliun per tahun.

Sementara bila gajinya dihitung rata-rata Rp 3 juta per bulan dikalikan 400 ribu orang maka totalnya hanya Rp 1,2 triliun. Sehingga dalam satu tahun dana yang terpakai Rp 14,4 triliun.

"Jadi nggak sulit kan menuntaskan masalah K2? Cukai rokok jangan hanya untuk subsidi iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Honorer K2 juga harus diperhatikan karena mereka itu sudah menghabiskan masa muda hingga tuanya di instansi pemerintah," beber politikus Partai Gerindra ini. (esy/jpnn)


Anggota Badan Legislasi DPR RI Bambang Riyanto mengatakan, jika pemerintah serius, seluruh honorer K2 yang mencapai 400 ribu orang, bisa diangkat menjadi CPNS.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News