Pemerintah Merasa Siap Hadapi Tekanan Inflasi

Pemerintah Merasa Siap Hadapi Tekanan Inflasi
Pemerintah Merasa Siap Hadapi Tekanan Inflasi
JAKARTA — Ancaman inflasi karena iklim global yang tidak menentu tak membuat pemerintah cemas akan tekanan inflasi. Sebaliknya, pemerintah meyakini langkah-langkah antisipasi yang diambil akan mampu meredam laju inflasi.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjamin angka inflasi bisa terjaga supaya tidak tinggi. "Saya bukan ahli prediksi. Namun kita ingin menjamin keadaan inflasi bisa terjaga supaya tidak tinggi. Sekarang inikan harga sudah mulai turun meski memang di Bulan Januari dan Februari harus waspada pada beras kita," kata Hatta Rajasa kepada wartawan di Jakarta, Senin (31/1).

Pemerintah memperkirakan tekanan inflasi pada 2011 masih berpeluang cukup tinggi. Perkiraan terburuk pemerintah, inflasi akan menyentuh level 7 persen.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana,  menyatakan bahwa pemerintah sudah membuat simulasi perhitungan terburuk tentang tekanan inflasi perekonomian Indonesia 2011. Level terburuk tersebut jauh di atas target yang ditentukan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 yang hanya dipatok 5,3 persen.

JAKARTA — Ancaman inflasi karena iklim global yang tidak menentu tak membuat pemerintah cemas akan tekanan inflasi. Sebaliknya, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News