Pemerintah Ogah Minta Maaf, Luhut : Kami Sedang Cari Kalimat yang Pas

Pemerintah Ogah Minta Maaf, Luhut : Kami Sedang Cari Kalimat yang Pas
Aksi Kamisan keluarga korban pelanggaran HAM. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah saat ini konsisten mencari cara untuk penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu. Menurutnya, pemerintah ingin melakukan pendekatan nonyudisial.

"Tapi tidak dalam konteks meminta maaf. Kami lagi cari kalimat yang pas untuk itu. Apakah menyesalkan atau apa," ujar Luhut di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/1).

Luhut menjanjikan, 3 bulan lagi akan disampaikan cara terbaik yang dilakukan pemerintah untuk penyelesaian kasus-kasus tersebut. Ia memberi sinyal kasus pelanggaran HAM masa lalu tidak diselesaikan melalui pengadilan. Pasalnya, sebagian bukti kasus sulit dihadirkan di pengadilan. 

Karena itu, pemerintah memilih cara rekonsiliasi. "Kami pikir, lebih bagus kita melihat ke depan bahwa ada kejadian-kejadian yang lalu yang memang disesalkan itu terjadi. Itu bagian sejarah gelap kita," tegasnya.

Ia mengatakan, pemerintah belum sampai pada pembahasan ganti rugi untuk korban dan keluarga dari kasus pelanggaran HAM tersebut. Ia mengatakan, pemerintah mengutamakan penyelesaian secara rekonsiliasi saat ini. (flo/jpnn)

JAKARTA--Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah saat ini konsisten mencari cara untuk penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News