Pemerintah Optimistis Ekonomi Tumbuh 6,2 Persen

Pemerintah Optimistis Ekonomi Tumbuh 6,2 Persen
Pemerintah Optimistis Ekonomi Tumbuh 6,2 Persen
JAKARTA — Pemerintah optimistis, pertumbuhan ekonomi (PE) sebesar 6,2 persen pada 2009 akan tercapai. Hal itu didasarkan pencapaian laju PE delapan triwulan terakhir yang telah mencapai di atas enam persen. Di samping produk domestic bruto (PDB) non migas, yang tumbuh mendekati tujuh persen tahun lalu.

"Untuk mendorong kinerja sektor riil, pemerintah telah dan akan mengeluarkan berbagai kebijakan, terangkum dalam Inpres 5/2008," kata Menkeu Sri Mulyani ketika menyampaikan jawaban pemerintah atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPR atas APBN TA 2009 di Jakarta, Selasa (26/8).

Pokok kebijakan itu antara lain perbaikan iklim investasi seperti amandemen UU PPh dan PPN, percepatan pembangunan infrastruktur antara lain proyek listrik 10.000 MW, dan economic partenership agreement (EPA).

Untuk meningkatkan daya tarik investasi, pemerintah akan menempuh upaya penyederhanaan prosedur perizinan, peningkatan pelayanan dan fasilitas investasi, percepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus, promosi investasi, modernisasi administrasi kepabeanan, dan peningkatan kepastian hukum melalui pemantapan dan koordinasi penegakan hukum bidang pasar modal dan lembaga keuangan. Pemerintah juga memberikan insentif fiskal dalam bentuk kebijakan PPh yang dilakukan melalui PP Nomor 1 tahun 2007.

"Unsur ketidakpastian, ketidakstabilan dan fluktuasi perekonomian baik skala nasional maupun global menjadi hambatan paling besar dalam perencanaan APBN. Untuk itu, pemerintah telah mengkaji dengan seksama berbagai gejala perubahan dari sisi domestik maupun global, yang mungkin memberikan pengaruh signifikan terhadap perekonomian nasional dan APBN," katanya.

Pemerintah, kata Menkeu,  menyediakan cadangan untuk mengantisipasi ketidakpastian, ketidakstabilan, dan fluktuasi ekonomi sehingga berbagai program pembangunan nasional dalam RAPBN 2009 dapat terlaksana. (esy/jpnn)

JAKARTA — Pemerintah optimistis, pertumbuhan ekonomi (PE) sebesar 6,2 persen pada 2009 akan tercapai. Hal itu didasarkan pencapaian laju PE


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News