Pemerintah Relaksasi Sementara HET Beras Premium, Harga Bakal Stabil?

Pemerintah Relaksasi Sementara HET Beras Premium, Harga Bakal Stabil?
Pemerintah memberlakukan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras premium selama Ramadan 1445 Hijriah. Ilustrasi: Elvi R/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memberlakukan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras premium selama Ramadan 1445 Hijriah.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemberlakuan relaksasi HET beras premium guna menjaga stabilitas pasokan dan harga di tingkat konsumen.

"Tentunya setelah kami mencermati kondisi ketersediaan, pasokan, dan harga beras premium di pasar tradisional maupun ritel modern, menjadi perlu adanya suatu upaya agar terus dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga beras premium di tingkat konsumen melalui relaksasi HET beras premium," kata Arief dalam keterangan di Jakarta, Selasa (12/3).

Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional memutuskan untuk menerapkan relaksasi HET beras premium yang diberlakukan sementara mulai 10 Maret sampai 23 Maret.

"Relaksasi HET beras premium ini berlaku sementara selama 2 minggu, sejak 10-23 Maret. Setelah tanggal itu, harga beras premium kembali mengikuti HET sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 7 Tahun 2023,” ucap Arief.

Dia menyampaikan penerapan relaksasi HET sementara agar masyarakat bisa lebih nyaman dalam menjalankan ibadah di bulan puasa dan tidak kesulitan memperoleh akses pembelian beras di pasar.

“Nanti di minggu keempat, kita meyakini pasokan dan ketersediaan beras akan semakin bertambah dengan adanya panen padi," ucapnya.

Adapun relaksasi HET beras premium yang diberlakukan sementara ini menyasar pada delapan wilayah. HET disesuaikan menjadi adanya selisih lebih Rp 1.000 per kilogram dibandingkan HET sebelumnya.

Pemerintah memberlakukan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras premium selama Ramadan 1445 Hijriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News