Hamdalah, Sentra Produksi di Sumatra Memasuki Musim Panen, Harga Beras Mulai Turun

Hamdalah, Sentra Produksi di Sumatra Memasuki Musim Panen, Harga Beras Mulai Turun
Petani saat panen padi. Ilustrasi. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PALEMBANG - Harga beras di berbagai wilayah Sumatra yang sebelumnya sempat naik kini dikabarkan sudah mengalami penurunan.

Tren penurunan harga ini ditenggarai terjadi dikarenakan sentra-sentra produksi sudah memasuki musim panen, salah satunya Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)

Memasuki awal tahun 2024, masyarakat khususnya Sumsel disambut dengan kenaikan harga beras hingga mencapai Rp 15.500 per kilogram.

“Saat ini memasuki bulan Maret 2024, khususnya Sumatera Selatan sedang memasuki panen raya sehingga harga beras mulai berangsur menurun,” kata Jonan Winarta, pemiliki Distributor Beras Jaya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (11/3).

Bahakan, kata Jonan, dikarenakan sentra-sentra produksi Sumsel sedang panen raya, pihaknya saat ini banyak mengirim keluar wilayah.

“Kami juga banyak mengirim ke Jambi, Pekanbaru, dan Lampung. Jadi saat ini harga beras sudah mulai turun Rp 2 ribu per kilogram untuk kemasan yang lima kilogram,” ungkap Jonan.

Jonan meyakini dengan panen yang saat ini mulai berlangsung, stok untuk Sumsel sendiri masih aman terkendali sampai Juni 2024.

“Jadi tak perlu khawatir memasuki bulan Ramadan stok beras masih tercukupi dan melimpah,” ujarnya.

Harga beras di sejumlah daerah di Sumatra mulai turun seiring musim panen di sentra-sentra produksi padi, salah satunya Sumsel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News