Pemerintah RI Beri Penghargaan untuk 2 WN New Zealand Endorser Gamelan

Pemerintah RI Beri Penghargaan untuk 2 WN New Zealand Endorser Gamelan
Warga negara Selandia Baru (Alm) Jack Body semasa masih hidup sedang memainkan gamelan. Foto: KBRI Wellington.

jpnn.com, WELLINGTON - Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada dua warga negara Selandia Baru bernama Alan Thomas dan Jack Body. Pasalnya, seniman dan akademisi yang telah almarhum itu punya jasa besar dalam memperkenalkan dan memopulerkan gamelan di Selandia Baru.

Penyerahan penghargaan untuk almarhum Alan dan Jack dilakukan dalam resepsi diplomatik yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Selandia Baru di Wellington, Selasa (22/8) dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-72 RI. Sedangkan sertifikat penghargaan untuk Alan dan Jack ditandatangani oleh Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Selanjutnya, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyerahkan sertifikat itu kepada keluarga almarhum Alan dan Jack. Tantowi mengatakan, berkat jasa kedua almarhum itu pula kini ratusan warga Selandia Baru mengenal dan memainkan gamelan.

Pemerintah RI Beri Penghargaan untuk 2 WN New Zealand Endorser Gamelan

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyerahkan sertifikat penghargaan bagi mendiang Jack Body dan Alan Thomas yang telah berjasa dalam memperkenalkan dan memopulerkan gamelan di kalangan warga New Zealand. Foto: KBRI Wellington

“Bahkan sudah ratusan masyarakat New Zealand yang bisa memainkan gamelan dan tampil secara kontinu di berbagai tempat  termasuk beberapa kali di Indonesia,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI.

Tantowi menambahkan, jasa Alan dan Jack tidak sekadar memperkenalkan gamelan kepada masyarakat Selandia Baru, tapi juga endorser agar perangkat musik asal Indonesia itu bisa dipelajari di perguruan tinggi. “Kedua tokoh ini juga berhasil memasukkan gamelan dalam kurikulum di sekolah musik di University of Victoria Wellington,” sebut Tantowi.

Lebih lanjut Tantowi mengatakan, budaya merupakan alat diplomasi yang sangat efektif. Sebab, budaya bisa menjembatani semua perbedaan.

Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada dua warga negara Selandia Baru bernama Alan Thomas dan Jack Body. Pasalnya, seniman dan akademisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News