Pemerintah Sebut Upaya Pemulihan Ekonomi-Kesehatan Covid Terus Membaik

Pemerintah Sebut Upaya Pemulihan Ekonomi-Kesehatan Covid Terus Membaik
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) Airlangga Hartarto. Screenshot

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia termasuk negara terbaik dalam penanganan Corona dan pemulihan ekonomi.

Menurut Airlangga, meski Indonesia mengalami resesi, tetapi ada fakta bahwa pertumbuhan ekonomi negara mengarah ke posisi yang lebih baik.

"Kami lihat pertumbuhan ekonomi kuartal 3 mengalami perbaikan minus 3,49. Artinya secara kuartal to kuartal ada kenaikan 5,05 persen. Dengan demikian rock bottom sudah selesai dilakukan kuartal 2, kuartal 3 ini pertumbuhannya 5,05 persen," kata Airlangga dalam webinar bertajuk Update KPCPEN: Pengadaan Vaksin, Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional, dan Ketahanan Pangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Senin (9/11).

Airlangga memprediksi, apabila pemerintah tetap melakukan relaksasi seperti pada kuartal sebelumnya, maka pada triwulan 4 2020 akan berada di jalur positif.

"Walaupun secara konservatif kami mengatakan minus 1,6 sampai 0,6," jelas dia.

Menteri Koordinator Perekonomian ini juga melihat upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 dari bulan ke bulan menunjukkan angka yang baik.

Rata-rata angka kesembuhan Indonesia, lanjut Airlangga, sudah mencapai 84 persen. Lalu tingkat kematian juga semakin membaik meski Indonesia masih di bawah rata-rata dunia.

"Kami lihat baik penanganan Covid maupun pemulihan ekonomi dilakukan dengan gas rem yang seimbang," jelas dia. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Pemerintah mengklaim upaya penanggulangan ekonomi dan kesehatan Covid terus mengalami perbaikan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News