Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal

Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal
Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal
JAKARTA - Perubahan iklim ekstrem saat ini melanda berbagai negara di dunia. Akibatnya, hal itu ikut mempengaruhi ketersediaan pangan secara internasional. Meski Indonesia mengalami surplus beras hingga awal tahun 2011, pemerintah tetap mewaspadai terjadinya iklim ekstrem dengan menyiapkan cadangan resiko fiskal.

Kepada wartawan, Kamis (19/8), Menko Perekonomian Hatta Radjasa yang ditemui di kantornya, mengatakan bahwa cadangan resiko fiskal ini perlu disiapkan pemerintah, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di saat APBN telah disahkan. Sehingga bila anggaran tersebut dipergunakan, tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan.

"Kalau tak salah, kita siapkan sekitar Rp 8 triliun (di 2011). Nanti akan saya cek lagi. Nanti itu akan dipilah-pilah di Banggar DPR. Berapa untuk stabilisasi pangan, beras atau lainnya," kata Hatta.

Hatta mengingatkan, ancaman yang saat ini harus diwaspadai adalah kebijakan beberapa negara dengan menutup kran ekspor mereka. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya musim kering, ataupun perubahan musim yang ekstrem di berbagai negara.

JAKARTA - Perubahan iklim ekstrem saat ini melanda berbagai negara di dunia. Akibatnya, hal itu ikut mempengaruhi ketersediaan pangan secara internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News