Pemerintah Siapkan Dana Subsidi Rp 1,5 Triliun untuk Sektor Properti

Pemerintah Siapkan Dana Subsidi Rp 1,5 Triliun untuk Sektor Properti
Bisnis Properti. Foto: dokumen pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Selain sektor pariwisata, pemerintah juga mengupayakan pemberian insentif di sektor properti, sebagai bagian upaya penguatan ekonomi Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk menambahkan subsidi di sektor properti.

"Seperti pembelian rumah. Di mana insentif perumahan akan dilaksanakan mulai April. Jadi sudah disepakati, dalam rangka menghadapi dampak virus corona ini ada stimulus perumahan sebesar Rp 1,5 triliun,” ungkap Basuki kepada media, di Jakarta, Rabu (26/2).

Basuki mengharapkan, pemberian insentif terhadap sektor properti bisa menjadi penangkal akan dampak wabah virus corona ke perekonomian. Karena, setiap pembangunan satu rumah, terdapat 150 industri yang diberdayakan.

"Apabila itu bisa beli, berarti menggerakkan 150 industri lain. Ada yang beli kipas angin, ada yang beli rice cooker, kulkas, tempat tidur, macam-macam. Jadi itu menggerakkan ekonomi lainnya," katanya.

Pemerintah pun akan membagi Rp 800 miliar untuk Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Rp 700 miliar untuk Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Dan diimplementasikan pada April mendatang.

Dia menambahkan penambahan subsidi untuk pembelian rumah rakyat ini di luar kuota Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yang sudah ada sebelumnya. (ant/mg8/jpnn)

Selain sektor pariwisata, pemerintah juga mengupayakan pemberian insentif di sektor properti, sebagai bagian upaya penguatan ekonomi Indonesia.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News