Pemerintah Siapkan Nota Protes ke Taiwan

Pemerintah Siapkan Nota Protes ke Taiwan
Pemerintah Siapkan Nota Protes ke Taiwan
JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah bersiap-siap untuk mengajukan nota protes secara resmi kepada Taiwan, bila terbukti tuduhan terhadap produk mie instan asal Indonesia (Indomie) tak sesuai dengan apa yang dituduhkan. Pasalnya, tuduhan yang diarahkan kepada Indomie itu, dipandang bisa berpengaruh besar terhadap perdagangan kedua negara, bahkan pada keberlangsungan ribuan tenaga kerja di tanah air.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Radjasa, kepada wartawan, Selasa (12/10), di Jakarta. Hatta mengaku tidak habis pikir, bagaimana bisa pemberitaan mengenai Indomie yang dituduhkan memiliki bahan kimia berbahaya itu, menjadi alasan bagi Taiwan untuk menolak produk asal Indonesia tersebut.

"Padahal, dari apa yang dilaporkan pihak Indomie, mereka sudah melakukan ekspor ke Taiwan dengan produk yang sama dan kandungan sesuai dengan ketentuan di sana, selama hampir 20 tahun. Kenapa dipermasalahkannya baru sekarang? Kita bisa siapkan nota protes, dengan catatan apa yang dituduhkan tersebut tidak benar," tegas Hatta.

Hatta dengan tegas mengatakan, pemerintah Indonesia tidak akan bisa menerima begitu saja terjadinya pelarangan produk asal Indonesia secara sepihak di luar negeri. Karena katanya, untuk memutuskan penolakan suatu produk, harus melalui kajian yang mendalam, serta melibatkan kedua belah pihak dan fair.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah bersiap-siap untuk mengajukan nota protes secara resmi kepada Taiwan, bila terbukti tuduhan terhadap produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News