Pemerintah Sudah Diwanti-wanti, Jakarta Butuh 60 ton Daging Sapi Per Hari

Pemerintah Sudah Diwanti-wanti, Jakarta Butuh 60 ton Daging Sapi Per Hari
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kebutuhan daging sapi di Jakarta tergolong tinggi setiap harinya. Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Sarman Simanjorang menjelaskan sebagai kota jasa dan tujuan pariwisata, Jakarta membutuhkan daging sapi sekitar 60 ton setiap harinya.

Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan dunia usaha seperti hotel, restoran, catering, warung padang dan sebagainya.

"Kebutuhan daging 2015 diperkirakan sebanyak 640 ribu ton, naik sekitar 8,5 persen dari tahun lalu sebesar 590 ribu ton. Suplai bersumber dari daging lokal dan impor. Khusus untuk daging impor 40 persen daging beku dan 60 persen sapi hidup," ujar Sarman di Jakarta, Senin (10/8).

Pemerintah kata Sarman, seharusnya lebih jeli melihat pergerakkan pasar. Pasalnya, gejolak kenaikan harga daging sapi di pasar masih terlihat dua minggu setelah lebaran. Di mana harga daging sapi masih tinggi. Umumnya, setelah lebaran tren penurunan seharusnya sudah terlihat.  

"Memasuki bulan puasa kita sudah merasakan pergerakan kenaikan harga daging sapi, dan hampir dua minggu setelah lebaran kita melihat harga daging sapi pada posisi stabil tinggi. Normalnya 10 hari setelah lebaran harga akan turun stabil," jelas dia.

Selama ini, sambung Sarman, pihaknya sudah mengingatkan kepada pemerintah agar benar-benar menghitung sejauh mana daging lokal mampu mensupply kebutuhan pasar dengan data yang akurat.

"Dengan data yang akurat, pemerintah bisa menghitung berapa yang mampu di supply daging lokal dan berapa kebutuhan impor. Jadi tidak seperti ini (harga daging sapi tinggi sehingga pedagang demo jualan-red)," tandas Wakil Ketua Umum Kadin ini. 

Warga di wilayah Jakarta, Bandung, dan Banten harus siap-siap menahan diri tak bisa makan daging sapi selama empat hari. Ini menyusul mogok jualan para pedagang dari Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) di wilayah itu sejak Sabtu (9/8) hingga Rabu lusa (12/8).

JAKARTA - Kebutuhan daging sapi di Jakarta tergolong tinggi setiap harinya. Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Sarman Simanjorang menjelaskan sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News