Pemerintah Terbitkan Obligasi Dolar

Pemerintah Terbitkan Obligasi Dolar
Pemerintah Terbitkan Obligasi Dolar
JAKARTA - Dalam waktu dekat, pemerintah bakal menerbitkan global bond atau obligasi negara berdemominasi dolar AS. Tiga lembaga pemeringkat internasional, yakni Moody's, Fitch, dan Standard & Poor's telah memberikan peringkat terhadap global bond Indonesia yang bertenor 30 tahun.

           

Moody's memberi peringkat utang jangka panjang di level Ba1/stabil dan Standard & Poor's menyematkan rating BB+/positif atau satu tingkat di bawah investment grade. Sedangkan Fitch memberikan peringkat BBB-/stabil atau berada dalam level layak investasi terhadap obligasi yang akan jatuh tempo pada 2042 itu.

      

Wakil Menkeu Anny Ratnawati mengatakan rating yang cukup bagus akan membuat imbal hasil atau yield lebih rendah. Ini membuat beban utang pemerintah berkurang. "Swasta sudah melihat indonesia sebagai negara yang baik dengan growth tinggi, inflasi rendah. Jadi ini sebetulnya momen baik buat kita," kata Anny.

Mengenai waktu settlement global bond, Anny belum bersedia berkomentar. Yang jelas, penerbitan akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini, lanjut dia, yang terpenting adalah pengelolaan arus modal masuk yang masih akan deras.

JAKARTA - Dalam waktu dekat, pemerintah bakal menerbitkan global bond atau obligasi negara berdemominasi dolar AS. Tiga lembaga pemeringkat internasional,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News