Pemerintah Tetap Impor selama Menunggu Vaksin Merah Putih Selesai Uji Klinis

Pemerintah Tetap Impor selama Menunggu Vaksin Merah Putih Selesai Uji Klinis
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/dok: Ricardo.

jpnn.com, SURABAYA - Kemenkes masih akan impor vaksin Covid-19 dari beberapa negara untuk bisa mencapai target 181,5 juta warga terima vaksinasi covid-19 dalam satu tahun.

Menurut Menkes Budi Gunadi, impor harus dilakukan hingga proses pembuatan Vaksin Merah Putih diselesaikan tim peneliti. Saat ini Vaksin Merah Putih baru akan memasuki uji klinis tahap satu.

"Kita semua berharap vaksin Merah Putih di semester pertama 2022 bisa keluar izin pemakaian dari BPOM. Jadwal kalau enggak Maret atau April hasilnya dimasukkan ke Biofarma," kata Menteri Budi usai meninjau proses vaksinasi berjenis AstraZeneca terhadap ratusan kiai di Gedung Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Surabaya, Selasa.

Menteri Budi  mengatakan proses pengembangan vaksinasi ini memang tak bisa cepat dan butuh penelitian yang harus dilakukan secara detail.

Dia memastikan vaksin karya anak negeri itu tetap akan diselesaikan uji klinis secara lengkap.

"Sebenarnya enggak tertunda cuma ada beberapa proses yang dilakukan lebih lama yaitu karakterisasi atau pembersihan karena awalnya dari hewan, sehingga dibersihkan dulu komponen genetik hewannya," jelas mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Saat ini pemerintah masih mengimpor vaksin Sinovac dari China, vaksin AstraZeneca dari Inggris, lalu vaksin Novavax buatan Amerika Serikat, serta Vaksin Pfizer BioNTech kolaborasi Amerika dan Jerman yang akan datang bertahap.

Menurut Budi, impor tersebut sangat penting di saat seluruh negara di dunia berebut untuk mendapatkan vaksin dengan cepat.

Pemerintah menunggu vaksin Merah Putih karya anak negeri diselesaikan sesuai tahapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News