Pemilih Berpendidikan Tinggi Cenderung Mendukung Anies

Oleh Pangi Syarwi Chaniago, Founder sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting

Pemilih Berpendidikan Tinggi Cenderung Mendukung Anies
Pangi Syarwi Chaniago alias Ipang. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com - Segmen pemilih di kalangan masyarakat terdidik menjadi salah satu kunci bagi kandidat untuk memperluas dukungan dan memperbesar peluang untuk memenangkan kompetisi.

Pemilih di segmen ini biasanya sangat sulit untuk dipengaruhi dan diarahkan untuk mendukung kandidat tertentu.

Sebab, mereka punya sumber informasi dan preferensi cukup memadai yang kemudian menjadi pertimbangan dasar untuk menentukan sikap politiknya secara independen.

Namun di sisi lain, pemilih di segmen ini punya kesadaran politik, punya kecenderungan untuk memengaruhi pemilih lain baik di segmen yang sama atau di segmen pemilih lainnya.

Oleh karena itu, merebut simpati pada cluster pemilih pada segmen berpendidikan tinggi berpotensi memperluas dukungan terhadap kandidat secara keseluruhan.

Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada November 2022 menunjukkan Anies Rasyid Baswedan unggul di kalangan pemilih berpendidikan tinggi (42,2 persen), disusul Ganjar Pranowo (31.8 persen) dan Prabawo Subianto (18.8 persen).

Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan jika pemilih di segmen ini mengarahkan dukungannya kepada salah satu kandidat tertentu, apalagi jika mereka berperan aktif mempromisikan kandidat yang mereka dukung.

Pengaruhnya tentu akan melipat gandakan dukungan terhadap kandidat dan memperbesar peluang kemenangan.

Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting pada November 2022 menunjukkan Anies Baswedan unggul di kalangan pemilih berpendidikan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News