Pemilih Wanita Lebih Tinggi Daripada Pria, Ini Datanya

Pemilih Wanita Lebih Tinggi Daripada Pria, Ini Datanya
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG SELOR – Antusiasme warga Bulungan dalam Pilkada serentak ternyata tak memenuhi target. Sesuai data rekapitulasi berdasar formulir C-1, partisipasi warga dalam Pilgub atau Pilbup hanya menyentuh angka 69,40 persen.

Angka itu tentu jauh di bawah target yang dipatok. Awalnya, Komisi Pemilihan Umum Bulungan mematok target partisipasi warga di angka 77,5 persen. Meski begitu, KPU Bulungan ternyata tak kecewa.

Mereka menilai, ada fenomena menarik dalam pilkada lalu. Yakni, partisipasi pemilih perempuan lebih tinggi ketimbang laki-laki. Komisioner KPU Bulungan Irsyad Sudirman, mengatakan, partisipasi pemilih perempuan di Bulungan mencapai 71,02 persen. Dari 40.972 jumlah pemilih perempuan, sebanyak 20.098 menggunakan hak pilihnya.

Berbeda dengan pemilih laki-laki yang hanya 67,54 persen. Dari 47.378 pemilih, hanya sebanyak 31.999 yang mencoblos ke TPS (tempat pemungutan suara).

“Memang partisipasi pemilih masih rendah, bahkan lebih rendah dibanding waktu Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) tahun lalu. Hanya, saya kira sudah cukup bagus. Dibanding Tarakan dan Nunukan, kami lebih besar persentase partisipasi pemilihnya,” kata Irsyad. (asa/jos/jpnn)


TANJUNG SELOR – Antusiasme warga Bulungan dalam Pilkada serentak ternyata tak memenuhi target. Sesuai data rekapitulasi berdasar formulir C-1,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News