Pemilu Australia 2016: Pahami 6 Istilah Politik Ini

Pemilu Australia 2016: Pahami 6 Istilah Politik Ini
Pemilu Australia 2016: Pahami 6 Istilah Politik Ini

Dengan dimulainya kampanye Pemilu Australia 2016 secara penuh, kata-kata seperti ‘rostrum’ dan ‘candidate’ menjadi sering terdengar. Tapi tahukah anda apa maksud sesungguhnya dan dari mana asal-usulnya?.

David Astle dari portal ‘Wordsmith’ membantu memecahkan arti sesungguhnya dari beberapa istilah politik, sehingga Anda bisa menggunakan kamus jargon kami untuk menambah wawasan tentang asal-usul istilah politik.

Campaign (Kampanye)

Kata 'campaign/kampanye' berasal dari bahasa Latin, yang berarti 'lapangan', tetapi juga terkait dengan kata ‘champion/juara’ atau ‘champagne/minuman sampanye’.

Unsur ‘juara’ berkaitan dengan latihan militer yang dilakukan warga Italia sembari berada di sebuah 'campagnia' (pedesaan) dan unsur ‘minuman sampanye’ mengacu pada warga Perancis yang menanam anggur Champagne di kebun mereka.

Hustings (Mimbar Kampanye)

'Hustings' adalah sebuah kata Skandinavia kuno dan berasal dari suku kata 'hus-things', yang secara harfiah berarti majelis rakyat. Istilah ini merujuk pada staf raja yang bersidang untuk sejumlah pertemuan dan musyawarah di pengadilan dan di kemudian hari berarti sebuah dewan yang digelar oleh raja atau pengadilan senior di Guildhall (Inggris).

Karena berutang budi pada platform besar yang kemudian dibangun di Guildhall, 'hustings' lantas mengacu pada struktur fisik yang dinaiki walikota dan anggota dewan ketika mereka mengawasi proses sidang.

Dengan dimulainya kampanye Pemilu Australia 2016 secara penuh, kata-kata seperti ‘rostrum’ dan ‘candidate’ menjadi sering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News