Senin, 27 Mei 2019 – 04:07 WIB

Pemilu Kian Dekat, Kuburan Makin Sering Jadi Tempat Sambat

Senin, 08 April 2019 – 07:07 WIB
Pemilu Kian Dekat, Kuburan Makin Sering Jadi Tempat Sambat - JPNN.COM

jpnn.com, PONOROGO - Seiring kian dekatnya Pemilu 2019, ternyata bukan hanya masyarakat yang bertubi-tubi didatangi para calon anggota legislatif (para caleg). Sebab, kuburan yang anggap keramat pun jadi tempat para calon wakil rakyat meminta pertolongan.

Salah satu kuburan yang kerap didatangi politikus adalah kompleks makam Bathoro Katong di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Sunardi yang menjadi juru kunci makam para pemimpin Bumi Reog mengaku sudah hafal wajah-wajah politikus yang kerap datang jelang momen-momen tertentu.

Menjadi juru kunci selama puluhan tahun membuat Sunadri paham betul maksud peziarah, termasuk jelang pemilu. Selalu meningkat ketika menjelang Ramadan atau momentum seperti sekarang ini (jelang pemilu),” ujarnya seperti diberitakan Radar Madiun (Jawa Pos Group).

Baca juga: Makam Tua Difoto, Ada Penampakan Sosok Berbaju Batik

Makam Bathoro Kathong merupakan salah satu kompleks kuburan tua di Ponorogo. Di dalamnya adalah makam para leluhur yang pernah memimpin Ponorogo.

Warga setempat kerap menziarahi kompleks permakaman itu. “Ada yang dari luar daerah juga,” tuturnya.

Sunardi menjelaskan, beberapa peziarah yang mengunjungi kompleks makam Bethoro Katong adalah tokoh-tokoh kondang di Ponorogo. Ada pula caleg dari luar daerah.

Namun, Sunardi enggan menyebutkan nama-nama caleg yang menziarahi kompleks makam Bathoro Katong. “Tidak perlu disebut namanya, rata-rata datang berombongan,’’ ungkapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar