Minggu, 21 April 2019 – 01:20 WIB

Pemilu Paling Akbar Digelar Besok: 900 Juta Pemilih, Berlangsung 7 Putaran

Rabu, 10 April 2019 – 09:30 WIB
Pemilu Paling Akbar Digelar Besok: 900 Juta Pemilih, Berlangsung 7 Putaran - JPNN.COM

jpnn.com, NEW DELHI - Pemilu paling akbar berlangsung di India besok, Kamis (11/4). Tidak hanya melibatkan banyak orang untuk memilih banyak wakil rakyat, pemilu kali ini juga bakal menjadi yang terlama durasinya.

Pemilu berlangsung dalam tujuh putaran di seluruh negeri sampai hasil akhirnya diumumkan pada 23 Mei. Tiap putaran akan melibatkan pemilih dari beberapa negara bagian yang berbeda.

Sejauh ini Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dan Bharatiya Janata Party (BJP) masih unggul. Modi masih populer. Demikian juga partai yang dia pimpin.

BACA JUGA: Tak Becus Urus Ekonomi, Petahana Masih Unggul Jauh di Survei

Namun, Partai Kongres Nasional, yang merupakan kekuatan utama oposisi, juga demikian. Rahul Gandhi, penerus dinasti politik Jawaharal Nehru, terus panen dukungan lewat kampanye berbau ekonomi. 

Pemilu India memang tidak sama dengan pemilu-pemilu lain di seluruh dunia. Sebab, jumlah pemilihnya mencapai 900 juta jiwa. Sementara itu, jumlah alat pemungutan suara elektronik milik pemerintah hanya sekitar 1,1 juta.

Karena itulah, pemilu diselenggarakan dalam tujuh putaran. Sebab, peranti votingnya juga bergantian. Di India, kampanye masih boleh berlangsung sampai 19 Mei mendatang. Empat hari kemudian, hasil pemilu diumumkan. (dil/jpnn)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar