Pemilu Rusuh, WNI di Thailand Beraktifitas Seperti Biasa

Pemilu Rusuh, WNI di Thailand Beraktifitas Seperti Biasa
Pemilu Rusuh, WNI di Thailand Beraktifitas Seperti Biasa

jpnn.com - JAKARTA - Dipastikan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok bahwa kondisi warga negara Indonesia (WNI) di sana aman, meski kerusuhan terjadi saat pemilihan umum digelar. Bahkan dikatakan oleh koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pansosbud) KBRI Bangkok, Subandrio WNI tetap beraktifitas seperti biasa.

"Sejauh ini WNI tidak ada hambatan yang berarti dengan semua aktifitasnya," ujar Subandrio saat dihubungi kemarin.

Para WNI yang kebanyakan berstatus pelajar dan expatriate itu masih tetap menjalankan seluruh aktifitasnya seperti biasa, tak terkecuali saat digelarnya pemilihan umum di negeri gajah putih itu kemarin (02/02). Subandrio meengatakan bahawa seluruh WNI di Bangkok, khususnya, dan Thailand pada umunya aman terkendali.

"KBRI selalu meng-update informasi terkait perkembangan situasi. Alhamdulillah hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari," tuturnya.

Diakuinya, hingga saat ini memang pihak KBRI di Bangkok masih belum mengeluarkan travel advisory untuk berkunjung ke Thailan. Pihaknya menganggap masih belum diperlukan adanya larangan tersebut, karena tindak kekerasan atau demonstrasi masih terjadi pada titik tertentu saja. Hingga kini pun, lanjut dia, masih banyak wisatawan kita yang datang ke Thailand.

Padahal, sejak mulai berkembangnya isu politik yang terjadi di Thailand November tahun lalu, banyak negara yang telah melarang warga negaranya untuk mengunjungi Thailand.

Peringatan tersebut diberlakukan hingga kisruh antara Pemerintah pimpinan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra dan demonstran anti-pemerintah usai. Akibat aksi demonstrasi sendiri, tercatat sebanyak 10 orang tewas dan sedikitnya 577 terluka dalam kekerasan politik terkait sejak akhir November lalu.

"Keadaan saat ini di beberapa titik memang ada insiden, namun banyak tempat lain normal seperti biasa. Contohnya di daerah KBRI aman-aman saja," ujarnya.

JAKARTA - Dipastikan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok bahwa kondisi warga negara Indonesia (WNI) di sana aman, meski kerusuhan terjadi saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News