Peminat SNMPTN Membeludak

Peminat SNMPTN Membeludak
Peminat SNMPTN Membeludak

jpnn.com - MAKASSAR -- Jumlah peminat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga hari terakhir, Senin 31 Maret membeludak.

Pendaftar di Universitas Negeri Makassar (UNM) 25.956 pelamar, Universitas Hasanuddin (Unhas) 49.111, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin 11.238.

Wakil Rektor (WR) I bidang Akademik UNM, Prof Dr Sofyan Salam menyebut, dari jumlah kursi yang terbatas itu, bisa dipastikan banyak peserta yang akan kecewa. Pasalnya jumlah yang akan diterima di jalur ini di UNM hanya 2.000-an kursi untuk semua Program Studi (Prodi).
"Tetapi, itu semua sudah ketentuan. Kita juga ingin menyeleksi agar mereka yang lulus benar-benar mau menjadi mahasiswa," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 1 April.

Ihwal penilaian dalam seleksi SNMPTN, lanjut Prof Salam, ada beberapa poin penilaian. Antara lain, nilai rapor, ranking kelas, indeks sekolah, dan ada perimbangan daerah.

"Kita upayakan menerima 20 persen mahasiswa dari luar Sulsel. Untuk Sulsel, kami pertimbangkan keberagaman daerah dengan total seluruhnya 80 persen. Hal tersebut agar mahasiswa baru UNM tidak hanya dari Makassar," urai guru besar Fakultas Seni dan Desain UNM ini. (sam/ian)


MAKASSAR -- Jumlah peminat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga hari terakhir, Senin 31 Maret membeludak. Pendaftar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News