Pemkab Cianjur Akan Menata Kawasan Wisata dengan Konsep Ekowisata

Pemkab Cianjur Akan Menata Kawasan Wisata dengan Konsep Ekowisata
Kawasan wisata air jangari di Kecamatan Mande, Cianjur, akan ditata. Foto: Ahmad Fikri/Antara

jpnn.com, CIANJUR - Untuk menarik minat wisatawan datang dan berlama-lama di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pemerintah setempat segera melakukan penataan kawasan wisata di sejumlah wilayah agar bersih dan ramah lingkungan dengan mengedepankan konsep ekowisata.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, penataan destinasi terus dilakukan yang sebelumnya tidak berfokus pada satu tempat, melainkan secara acak. Namun saat ini, pengembangan wisata akan lebih difokuskan dalam beberapa tahap.

"Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan sebagai akses menuju destinasi wisata, penataan kawasan wisata dan promosi pariwisata. Pembangunan infrastruktur sudah kami genjot, selanjutnya ke penataan kawasan wisata," kata Herman, Sabtu (23/11).

Hal tersebut, ungkap dia, bertujuan agar kawasan wisata yang ada bersih dan ramah lingkungan, sehingga pengunjung akan betah untuk berlama-lama. Konsep ekowisata atau wisata berwawasan lingkungan akan diterapkan di tempat wisata yang ada karena Cianjur memiliki kekayaan alam yang luas seperti wisata hutan kota Cianjur.

Dia menambahkan, pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemkab terkait penataan destinasi wisata kawasan Jangari karena tempat wisata air itu, belum ditata secara optimal yang ditargetkan ke depannya lebih ramah lingkungan dan nyaman.

Penataan total Jangari, lanjutnya, tidak akan dilakukan dalam waktu dekat karena Pemkab menunggu pelaksanaan program Citarum Harum selesai.

"Penataan besar-besara baru akan dilakukan setelah program Citarum Harum tuntas. Sambil menunggu tetap ada penataan kecil untuk jangka pendek, sebelum dilakukan penataan total termasuk pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang lainnya," kata Herman.

Sementara, Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) kawasan Wisata Jangari mengharapkan Pemkab Cianjur segera melakukan penataan di destinasi wisata Jangari karena sudah lebih dari 10 tahun, tempat wisata air milik Pemkab Cianjur itu, minim perhatian termasuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang untuk menarik wisatawan.

Pemkab Cianjur segera melakukan penataan kawasan wisata agar bersih dan ramah lingkungan dengan mengedepankan konsep ekowisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News