Pemkab Dompu Distribusikan Benih Jagung

Pemkab Dompu Distribusikan Benih Jagung
Dinas Pertanian Kabupaten Dompu mendistribusikan benih jagung langsung kepada penerima manfaat Kelompok Tani Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo. Foto: Dok. Pemkab Dompu

jpnn.com, DOMPU - Untuk mendapatkan panen yang maksimal, dibutuhkan perencanaan matang. Mulai dari pra maupun pascapanen. Itu pula yang kini tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Memasuki musim hujan 2021, dinas pertanian setempat melakukan penurunan dan pendampingan benih jagung melalui Kelompok Tani di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo.

Kebijakan tersebut dilakukan agar pembagian benih jagung tepat waktu dan sasaran.

"Petani juga tidak kewalahan mencari benih pada saat penanaman pada awal musim tanam," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan (TP) Dinas Pertanian Kabupaten Dompu Hidayat melalui keterangan tertulisnya.

Hidayat menjelaskan pihaknya mendistribusikan benih jagung langsung kepada penerima manfaat Kelompok Tani Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo.

Ini sebagaimana data pemerintah, di mana ada 14 kelompok yang mendapat bantuan sebesar 1.161 Ha diakumulasikan 17.145 ton varietas jagung Pioner 35.

"Benih jagung yang berkualitas ini untuk mendukung indeks produktivitas nasional," lanjut dia.

Untuk menjamin ketepatan sasaran, pihaknya didampingi UPTD Kecamatan Kempo, TNI Babinsa Desa Tolokalo, PPL Desa Tolokalo Kecamatan Kempo.

Dinas Pertanian Kabupaten Dompu melakukan penurunan dan pendampingan benih jagung melalui Kelompok Tani di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News