Pemkab Purbalingga Bakal Bangun Sentra Batu Akik

Pemkab Purbalingga Bakal Bangun Sentra Batu Akik
Pemkab Purbalingga Bakal Bangun Sentra Batu Akik

jpnn.com - PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bakal menyediakan tempat khusus untuk penjualan batu akik Sungai Klawing. Namun, rencana pembangunan sentra penjualan batu akik itu baru direalisasikan tahun depan.

Sebenarnya rencana itu bisa dibilang terlambat. Sebab, booming batu akik sudah setahun ini berjalan.

Namun, pembangunan senra batu akik memang belum dianggarkan untuk tahun ini. “Rencana itu (pembangunan sentra akik, red), baru akan kami laksanakan 2016 mendatang,” kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Dinperindagkop Purbalingga, Adi Purwanto seperti dikutip Radar Banyumas.

Pembangunan baru dilaksanalkan tahun depan karena fokus utama Pemkab Purbalingga tahun ini adalah pemberdayaan perajin akik. “Saat ini adalah bagaimana menumbuhkan perajin batu akik terlebih dahulu. Sebab, masyarakat Purbalingga batu tumbuh untuk menjadi perajin belum sampai ke pemasaran,” ujarnya.

Pemkab Purbalingga Bakal Bangun Sentra Batu Akik

Foto: Radar Banyumas/JPNN

Dia menjelaskan, rencananya sentra akik itu akan dibangun di kompleks Pasar Segamas. Tepatnya di kompleks kios anyaman di sebelah barat pasar.

Meksi demikian, pada bulan Ramadan ini akan dibuka sentra penjualan akik di Purbalingga. Sentra akik yang segera dibuka itu merupakan inisiatif warga.

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bakal menyediakan tempat khusus untuk penjualan batu akik Sungai Klawing. Namun, rencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News