Pemkot Harapkan Rp 100 M untuk Pembebasan Lahan

Pemkot Harapkan Rp 100 M untuk Pembebasan Lahan
APBD. Foto: JPNN

jpnn.com - BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berharap ada kucuran tambahan sebesar Rp 100 miliar dalam APBD Perubahan. Dana itu akan digunakan untuk pembebasan lahan Waduk Teritip.

Saat ini, ada dana sebesar Rp 30 miliar dalam APBD murni. Sedangkan hasil konsultasi ke Dirjen Sumber Daya  Air, pemkot akan dibantu sebesar Rp 82 miliar.

“Mereka punya dana sisa lelang Rp 300 miliar yang diperebutkan semua daerah. Kami sudah dijanjikan Rp 82 miliar, tapi diminta segera menyiapkan dokumen normatifnya,” terang Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Kaltim Post (JPNN Group) kemarin.

Dokumen itu meliputi hasil pengukuran tanah serta nilai appraisal tanah yang akan dibebaskan tersebut. Karena Agustus nanti waduk harus sudah mulai diisi air, maka prinsipnya nanti pemkot meminta kesepakatan dari masyarakat.

 Saat ini, pihak kelurahan tengah diminta untuk mengumpulkan pemilik lahan. Diharapkan mereka  bersedia lahannya digunakan terlebih dahulu sambil menunggu proses pembayaran. “Karena ini mendesak, kami berharap masyarakat semua sepakat,” kata Rizal. (rsh/fir/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News