Pemkot Janji Hilangkan Kawasan Kumuh di Depok

Pemkot Janji Hilangkan Kawasan Kumuh di Depok
Pemukiman kumuh. Foto: dok.JPG

jpnn.com, DEPOK - Disrumkim tengah mencanangkan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Depok, Jabar yang juga digadang-gadang pemerintah pusat sejak 2015 lalu.

Kawasan kumuh adalah area dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di kota yang umumnya dihuni masyarakat miskin.

Kawasan kumuh bisa ditemui di berbagai kota besar di dunia. Kawasan kumuh umumnya dihubung-hubungkan dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran tinggi.

Kepala Disrumkim Kota Depok, Wijayanto mengatakan, pemkot telah melakukan berbagai upaya untuk mengentaskan kawasan kumuh. Pihaknya menargetkan pemukiman kumuh akan hilang pada 2019.

Untuk itu, di tahap awal telah dilakukan penataan kawasan kumuh dimulai dari perbaikan jalan, pembuatan saluran air bersih dan drainase, pembuatan septictank hingga perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Ditargetkan 2019 Depok bebas dari kawasan kumuh. Program Kotaku untuk mewujudkan konsep 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum dan sanitasi, serta 0 persen pemukiman kumuh,” ungkapnya kepada Metro Depok (Pojoksatu.id Group).

Dia menambahkan, melalui program Kotaku Pemkot Depok menargetkan mengurangi kawasan kumuh hingga nol persen.

Sedangkan, penanganan kawasan kumuh meliputi aspek pembangunan infrastruktur dan pendampingan sosial dan ekonomi untuk keberlanjutan penghidupan masyarakat yang lebih baik di lokasi permukiman kumuh.

Kawasan kumuh ditargetkan dihilangkan hingga 0 persen pada 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News