Pemkot Palembang Fokus Benahi Tiga Kawasan Wisata

Pemkot Palembang Fokus Benahi Tiga Kawasan Wisata
Jembatan Ampera. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan melakukan pengembangan pusat wisata di beberapa lokasi di ibukota Provinsi Sumatera Selatan, itu mulai tahun depan.

Ada tiga lokasi yang jadi fokus pemerintah kota untuk dibenahi. Pertama penataan kota tua atau Sekanak Kerihin, pembuatan air mancur menari di Sungai Musi, dan penataan Pulo Kemaro.

Kepala Badan Perencanaan & Pengembangan (Bappeda) Litbang Kota Palembang, Harey Hadi, mengatakan, pengembangan tiga kawasan ini merupakan program rencana pengembangan di sektor wisata ke depan.

"Sebelumnya kita sudah melakukan pengembangan beberapa kawasan wisata dan memang kebanyakan dibiayai dana CSR (corporate social responsibility), seperti Kampung Mural Goedang Boencit, Sekanak Bersolek, Ampera Skate Park dan Tugu Belido," terangnya, kemarin (16/11).

Harey pun merinci untuk penataan kota tua/Sekanak Kerihin diestimasi akan menelan biaya Rp7 miliar. “Dalam pembangunan atau penataan kawasan ini ada dua poin dilakukan, yaitu pembuatan pedistrian dan pemasangan lampu hias serta street furniture," jelasnya.

Sedangkan pembangunan air mancur menari di Sungai Musi juga masuk dalam perencanaan ke depan. "Pembangunan air mancur ini nantinya akan dibuat dengan panjang 60 meter, biayainya diestimasi sekitar Rp5 miliar," paparnya.

Terakhir penataan kawasan Pulo Kemaro. "Ada poin yang akan kami lakukan dalam pengembangan penataan kawasan ini," kata Harey. Rencananya yaitu pembuatan tugu kepala naga, penataan kampung air Pulo Kemaro (pembuatan kampung warna-warni, pasar terapung, dan homestay terapung), agrowisata/ecotourism.

Kemudian, penambahan bungalow sebanyak 25 unit, pembangunan jembatan penghubung, pos keamanan terpadu, pembuatan pantai di sekeliling pulau, dan tracking layang di sekeliling pantai Pulo Kemaro. Selain tiga, itu sebenarnya Kota Palembang memiliki aset Agrowisata Pulokerto yang harusnya bisa dioptimalkan karena asetnya sudah ada tapi sayang terbengkalai.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan melakukan pengembangan pusat wisata di beberapa lokasi di ibukota Provinsi Sumatera Selatan, itu mulai tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News