Pemkot Pekanbaru Terima 2 Penghargaan dari Kemendagri soal Pengelolaan APBD

Pemkot Pekanbaru Terima 2 Penghargaan dari Kemendagri soal Pengelolaan APBD
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menerima piagam penghargaan dari Kemendagri. Foto:Diskominfo Kota Pekanbaru.

jpnn.com, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menerima dua penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam pengelolaan APBD 2022 di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Kamis (16/3).

Penghargaan pertama diterima langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun dalam kategori peringkat satu Kota Realisasi Belanja APBD Tertinggi.

Kemudian, penghargaan kedua diterima oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Alek Kurniawan dalam kategori peringkat tiga Peningkatan PAD tertinggi.

Wamendagri John Wempi Wetipo mengatakan capaian ini guna mendorong kinerja pengelolaan keuangan daerah yang dapat mendukung penanganan inflasi.

Juga dapat mendorong penyelesaian masalah stunting, dan kemiskinan ekstrem, sehingga perlu dilakukan upaya percepatan realisasi APBD sejak awal tahun.

"Dengan lancarnya belanja APBD tersebut, akan mendorong belanja pihak swasta. Sehingga, perekonomian daerah berkembang lebih baik," katanya sebagaimana siaran pers diterima di Pekanbaru.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri A Fatoni mengatakan para peraih penghargaan APBD Award 2023 terlebih dahulu ditentukan melalui penilaian.

Prosedur penilaian tersebut didasarkan dari perhitungan melalui laporan realisasi anggaran (LRA). Kemudian, dari LRA itu dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan hari ini.

Pemkot Pekanbaru menerima dua penghargaan dari Kemendagri dalam pengelolaan APBD, di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Kamis (16/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News