Pemkot Pelambang Gelar Lomba Bidar dan Parade Perahu Hias, Catat Tanggalnya

Pemkot Pelambang Gelar Lomba Bidar dan Parade Perahu Hias, Catat Tanggalnya
Parade perahu hias tahun 2022 di Sungai Musi Palembang. Foto: Cuci Hati/jpnn.

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali menggelar lomba bidar dan parade perahu hias di Sungai Musi pada 19 Agustus mendatang. 

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Repulik Indonesia. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang mengatakan bahwa lomba bidar dan parade perahu hias merupakan even tahunan Pemkot setiap bulan Agustus. 

"Dengan adanya even tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan ke kota kami," kata Dewa, Selasa (8/8).

Selain jadi even HUT RI setiap Agustus, perlombaan perahu bidar atau biduk lancar merupakan kegiatan yang digelar Pemkot Palembang untuk mengingat sejarah transportasi air tersebut saat masa Kesultanan Palembang Darussalam.

"Pelaksanaan even ini harus dilaksanakan dengan baik, jangan sampai ada hal-hal secara teknis dan yang tidak diinginkan terjadi. Oleh karena itu, seluruh OPD harus support event ini, tidak hanya dari Dinas Pariwisata," harap Dewa. 

Menurut dia, sejarah Bidar pada masa lalu digunakan sebagai kendaraan perairan untuk patroli sepanjang aliran Sungai Musi serta daerah aliran sungai (DAS) di Palembang. 

Perahu Bidar dahulu disebut juga Perahu Pecalang yang berguna untuk memantau dan menjaga daerah perairan oleh para tentara.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali menggelar lomba bidar dan parade perahu hias di Sungai Musi. Catat tanggalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News