Pemkot Surakarta Prediksi 14 Juta Kendaraan Masuk ke Solo Pada Libur Nataru

Pemkot Surakarta Prediksi 14 Juta Kendaraan Masuk ke Solo Pada Libur Nataru
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diprediksi akan dipenuhi oleh wisatawan pada saat libur Nataru. ilustrasi. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, SURAKARTA - Pemerintah Kota Surakarta memprediksi sekitar 14 juta kendaraaan wisatawan akan berkujung ke Solo, Jawa Tengah, pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Oleh karena itu, Pemkot Surakarta menyiapkan berbagai antisipasi guna mengatur lalu lintas di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad di Solo, Jawa Tengah mengatakan sudah menerima kajian terkait kepadatan lalu lintas pada periode libur Nataru.

Menurut dia, dari hasil kajian tersebut akan ada 14 juta kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah pada periode Nataru.

Sementara itu, titik-titik tujuan para pengunjung ini utamanya di objek wisata dan pusat perbelanjaan.

Dia mengatakan mengurangi kepadatan Viaduk Gilingan dengan mengoptimalkan pembukaan Palang Joglo yang saat ini sedang dalam pengerjaan rel layang.

"Dibukanya Tol Solo-Klaten diharapkan juga dapat mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo untuk sekadar melintas," tuturnya.

Dia menjelaskan beberapa kawasan rawan padat kendaraan di dalam Kota Solo, di antaranya Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Lokananta, Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, kawasan Pasar Gede, kawasan Pasar Klewer, Koridor Gatsu-Ngarsopuro, dan sejumlah pusat belanja modern.

Pemerintah Kota Surakarta memprediksi sekitar 14 juta kendaraaan wisatawan akan berkujung ke Solo, Jawa Tengah, pada libur Nataru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News