Pemkot Tangerang Siapkan Rp 1,3 Triliun Untuk Pendidikan Gratis

Pemkot Tangerang Siapkan Rp 1,3 Triliun Untuk Pendidikan Gratis
Wali Kota Arief menyampaikan paparan terkait APBD 2024 pada Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Jawaban Wali Kota terhadap pandangan fraksi terkait Raperda APBD tahun 2024 di gedung DPRD, Rabu. HO/Pemkot Tangerang

jpnn.com, KOTA TANGERANG - Wali Kota Tangerang Arief R Wiswansyah menyebut pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun pada APBD tahun 2024 untuk program pendidikan gratis sekolah negeri dan swasta.

"Untuk anggaran pendidikan sebesar Rp1,3 triliun dapat kami jelaskan, Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam bidang pendidikan melalui penyediaan sarana prasarana yang memadai dan juga program pendidikan gratis baik negeri maupun swasta," ujar dia dikutip dari Antara, Rabu (13/9).

Hal tersebut dia sampaikan pada Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Jawaban Wali Kota terhadap pandangan fraksi terkait Raperda APBD Tahun 2024.

Wali Kota menambahkan upaya peningkatan kompetensi dan kesejahteraan tenaga pendidik juga membutuhkan anggaran besar mencapai Rp 619,19 miliar.

Anggaran tersebut, di antaranya untuk untuk membiayai kegiatan administrasi keuangan berupa pembayaran gaji PNS, gaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) , tambahan penghasilan pegawai dan tunjangan profesi guru serta administrasi perencanaan, kepegawaian, administrasi BMD (barang milik daerah), dan administrasi umum perangkat daerah.

Sementara itu, dalam rangka pemerataan kapasitas sekolah terutama SMP, pada tahun ini pemkot sedang dalam proses pembangunan SMP negeri di Kecamatan Pinang.

"Sehingga saat ini di setiap kecamatan sudah tersedia dua SMP negeri," ujar dia.

Kemudian untuk di bidang kesehatan ada empat program prioritas pada tahun mendatang yakni pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, program peningkatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan, program sediaan farmasi, alat kesehatan dan makanan minuman.

Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk program pendidikan gratis.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News