Ganjar Pranowo Sangat Paham Pentingnya Pemerataan Kualitas Pendidikan

Ganjar Pranowo Sangat Paham Pentingnya Pemerataan Kualitas Pendidikan
Bakal Capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo dalam videonya berjudul 'Manifesto #1 Mari Bersatu Bukan Berseteru` yang diunggah ke YouTube pada Selasa (12/9). Foto: YouTube/Ganjar Pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Bacapres Ganjar Pranowo sangat memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Sebab, pendidikan merupakan fondasi bagi pembangunan nasional yang berkeadilan.

Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan banyak orang bicara keadilan sosial sesuai Sila ke-5 Pancasila dan pentingnya penekanan aspek keadilan sosial pada program pembangunan.

Namun, tidak jelas dan tidak konkret menerapkan konsep keadilan sosial dalam program pembangunan sehingga tidak paham bagaimana mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ganjar memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, karena satu cara utama untuk mewujudkan keadilan sosial adalah pendidikan. Bagaimana pemerataan kesempatan rakyat untuk mengakses pendidikan (kuantitas) dan bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM," kata Andreas.

Andreas menegaskan hanya dengan pendidikan yang lebih baik seorang manusia bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Dengan demikian, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menyejahterakan diri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

"Pendidikan akan tetap dan harus tetap menjadi fokus program pemerintahan Ganjar. Karena sampai saat ini harus kita akui rata-rata lama belajar bangsa kita baru mencapai 8,69 tahun," ujar Andreas.

Ganjar memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, karena satu cara utama untuk mewujudkan keadilan sosial adalah pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News