Pemkot Tunggu Sekolah Penerbangan

Pemkot Tunggu Sekolah Penerbangan
Pemkot Tunggu Sekolah Penerbangan
INDIHIANG – Pemerintah Kota Tasikmalaya menunggu peresmian Sekolah Penerbangan Tasikmalaya saat melangkah ke tahap pembangunan bandara.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) H Aay Zaini Dahlan pihaknya sampai saat ini masih menunggu proses perubahan Lanud Wiriadinata dari pangkalan udara menjadi bandara khusus sehingga nantinya bisa membuka penerbangan sipil karena ujungnya menjadi bandara umum.

”Ya kita lihat dulu prosesnya sekarang. Kan besok itu sekolah penerbang segera diresmikan. Otomatis Lanud itu jadi bandara khusus. Nah untuk menjadi bandara umum itu harus jadi bandara yang tersertifikasi,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Tasikmalaya H Aay Zaini Dahlan, Minggu (23/6).

Mengubah bandara khusus menjadi bandara umum, kata dia, banyak persyaratan yang harus dipenuhi, dua diantaranya terminal penumpang dan perbaikan landasan. Landasan bandara umum harus layak. Untuk itu, pemkot, akan melakukan pelapisan ulang dan penambahan panjang landasan. Sebelumnya diberitakan Radar landasan Lanud Wiriadinata idealnya memiliki panjang landasan 2.000 meter. Saat ini baru memiliki panjang 1200 meter.

”Ya kita kan tidak punya dana, makanya diajukan ke provinsi mah sudah. Kemarin memang sarannya (panjang landasan) harus ditambah. Karena memang untuk jadi bandara umum, itu kan banyak persyaratan yang harus dipenuhi,” papar Aay, kemarin.

INDIHIANG – Pemerintah Kota Tasikmalaya menunggu peresmian Sekolah Penerbangan Tasikmalaya saat melangkah ke tahap pembangunan bandara. Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News