Pemprov DKI Perbaiki Waduk Pluit

Pemprov DKI Perbaiki Waduk Pluit
Pemprov DKI Perbaiki Waduk Pluit
JAKARTA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk memperbaiki Waduk Pluit di Jakarta Utara yang ditemukan retak di beberapa sisi. “Nilainya kurang lebih Rp15 miliar untuk pembuatan kolam dan rumah trafo,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Budi Widiantoro di saat dijumpai di kantor pusat PU Jakarta, Senin (6/4).

Lebih lanjut ia mengatakan dana tersebut akan diambilkan dari penggeseran anggaran Dinas PU DKI sebagai tindakan darurat karena dikhawatirkan tanggul jebol dan menyebabkan bencana seperti di Situ Gintung.Kebocoran di empat tempat itu untuk sementara ditutup dengan tanggul bronjong dari batu kali dan perbaikan permanen akan segera dilakukan. “Perbaikan permanen kita targetkan Desember sudah selesai. Sekarang baru kita lakukan perbaikan darurat agar air jangan masuk ke waduk,” kata Budi.

Waduk Pluit nantinya akan dilapisi oleh sheet pile dan beton untuk perkuatan. Saat ini, tingkat kebocoran tanggul sudah mencapai 2 meter perkubik di empat titik dinding kolam olakan yang langsung berhubungan dengan laut. “Di kolam olakan ini dindingnya bocor masuk ke waduk. saat ini empat pompa kita stop operasinya, kita keringkan kolam olakannya sambil kita perbaiki,” tambahnya.

Ia menyebut retakan itu terjadi karena umur waduk yang sudah tua, dibangun tahun 1967 sehingga memang butuh penguatan. Perbaikan yang akan dilakukan lanjut Budi direncanakan untuk dapat bertahan 30 tahun yang akan datang. Penduduk di sekitar waduk tidak perlu khawatir mengenai kebocoran itu karena kebocoran terjadi di dinding kolam olakan yang menghadap laut, bukan yang menuju ke perumahan penduduk.(rie/JPNN)

JAKARTA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk memperbaiki Waduk Pluit di Jakarta Utara yang ditemukan retak di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News