Pemprov Jateng Gerak Cepat Pulangkan Warganya yang Terdampak Konflik Sudan

Pemprov Jateng Gerak Cepat Pulangkan Warganya yang Terdampak Konflik Sudan
WNI asal Jateg yang dipulangkan dari Sudan. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) asal Jawa Tengah dipulangkan ke daerah asalnya imbas terjadinya perang Sudan.

Plt Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng Risturino mengatakan evakuasi pemulangan terhadap para WNI itu dilakukan hingga hari in. Keseluruhannya dibagi ke dalam empat kloter keberangkatan.

Para WNI tersebut mayoritas merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI), pelajar, dan mahasiswa.

"Di sini kami mendapat tugas dari Kemendagri dan Kemenhub memulangkan warga asal Jawa Tengah. Jadi, dari asrama haji kemudian transitkan di wisma anjungan Jawa Tengah," ujar Risturino di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Dia menjelaskan ada dua mekanisme dilakukannya pemulangan para WNI yaitu melalui jalur mandiri dan jalur bantuan pemerintah.

Untuk jalur bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dilakukan dengan sinergitas gerak cepat bersama tiap-tiap pemerintah daerah (pemda).

Setibanya di Indonesia, para WNI itu beristirahat terlebih dahulu di Asrama Haji Jakarta Timur sebelum dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

"Dari sini langsung ke pemda masing-masing jadi diarahkan untuk transit. Mereka sangat lelah berhari-hari perjalanan dan mereka juga butuh istirahat setelah mereka sedikit agak segar, lalu kami pulangkan," kata Risturino.

Sejumlah warga asal Jawa Tengah (Jateng) yang berada di Sudan sudah dipulangkan ke Indonesia dan akan dikembalikan ke daerah asalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News