Pemprov Jateng Terima Penghargaan Sebagai Pembina HAM Terbaik

Pemprov Jateng Terima Penghargaan Sebagai Pembina HAM Terbaik
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menyerahkan penghargaan kepada Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana pada Peringatan Hari HAM se-dunia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu, 10 Desember 2023 malam. Pemprov Jateng dinobatkan sebagai provinsi terbaik pembina HAM terbaik. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai provinsi terbaik dalam membina kabupaten/kota peduli HAM.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana pada Peringatan Hari HAM se-dunia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu, 10 Desember 2023 malam.

Penghargaan tahun ini dinilai istimewa disbanding tahun sebelumnya. Sebab, Jateng menjadi provinsi penerima penghargaan dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak berpredikat peduli HAM.

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, ada 34 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kepedulian terhadap HAM.

“Jawa Tengah mendapatkan penghargaan lima provinsi terbaik, ini terkait dengan pembinaan dan pengembangan P5 (penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan) HAM,” kata Nana seusai menerima penghargaan.

Banyaknya kabupaten/kota yang sudah berpredikat peduli HAM, menjadi salah satu indikator  bagi Provinsi Jateng dalam memperoleh penghargaan ini.

Selain itu, penilaian penghargaan ini juga dilihat berdasarkan pemenuhan aspek hak sipil, hak politik serta hak ekonomi dan sosial budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kanwil Hukum dan HAM Jateng juga menerima penghargaan.

Pemprov Jateng menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai provinsi terbaik dalam membina kabupaten/kota peduli HAM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News