Pemprov Papua Barat akan Mengusulkan 5 DOB ke DPR

Pemprov Papua Barat akan Mengusulkan 5 DOB ke DPR
Asisten I bidang pemerintahan Provinsi Papua Barat Robert Rumbekwan (ANTARA/Tri Adi Santoso)

jpnn.com - MANOKWARI - Pemerintah Provinsi Papua Barat mengusulkan pembentukan lima daerah otonomi baru (DOB) yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kotamadya kepada DPR. Rencana hal itu akan disampaikan dalam rapat usulan DOB di tanah Papua yang digagas Komisi II DPR di Jakarta, 20 Maret 2023 mendatang.

"Empat kabupaten yang kami usulkan, yakni Manokwari Barat, Kuri Wamesa, Moskona dan Kokas. Sementara satu kota, yakni Kotamadya Manokwari yang akan dipersiapkan menjadi ibu kota Provinsi Papua Barat," kata Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Papua Barat Robert Rumbekwan di Manokwari, Kamis (16/3).

Dia menjelaskan pemekaran Kabupaten Manokwari Barat dan Kotamadya Manokwari diusulkan dari Kabupaten Manokwari. Kuri Wamesa dan Moskona merupakan usulan dari Kabupaten Teluk Bintuni. Kabupaten Kokas merupakan usulan dari Kabupaten Fakfak.

"Jika dilihat dari kebutuhan wilayah, sudah sangat mendukung kehadiran lima DOB baru ini, namun, tentu keputusan ada pada pemerintah pusat. Kami sifatnya hanya mengusulkan," ungkapnya.

Menurut Robert, rapat kerja yang mengundang seluruh penjabat gubernur di tanah Papua itu siap membahas pemekaran kabupaten dan kota.  Dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat tersebut tidak membahas pemekaran provinsi baru.

Penjabat yang diundang dalam rapat bersama komisi II DPR tersebut, yakni pimpinan DPR Papua, pimpinan DPR Papua Barat, plh gubernur Papua, pj gubernur Papua Selatan, pj gubernur Papua Tengah, pj gubernur Papua Pegunungan, pj gubernur Papua Barat dan pj gubernur Papua Barat Daya.

“Kami hanya berbicara pemerintah tingkat kabupaten dan kota, sehingga tidak ada pembahasan terkait dengan provinsi baru yang diusulkan," lanjut dia.

Robert melanjutkan bahwa selain kebutuhan masyarakat, usulan DOB baru juga untuk menambah jumlah kabupaten dan kota di Papua Barat. Saat ini, hanya ada tujuh kabupaten di Papua Barat. (antara/jpnn)

Pemerintah Provinsi Papua Barat mengusulkan pembentukan lima daerah otonomi baru (DOB) ke DPR.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News